Blog kesehatan untuk anda

Senin, 12 Oktober 2015

Manfaat dan kandungan Antanan atau Pegagan

Manfaat dan kandungan Antanan atau Pegagan(Antanan)-Kegunaan dan kandungan Antanan atau Pegagan.Antanan atau Pegagan (Centella asiatica) merupakan tanaman liar yg banyak tumbuh di perkebunan,ladang,tepi jalan,serta pematang sawah.Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik,tersebar di Asia Tenggara,termasuk Indonesia,India, Republik Rakyat Cina,Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.Nama yg biasa dikenal buat tanaman ini selain pegagan merupakan daun kaki kuda dan antanan.

Sejak mulai zaman dahulu,pegagan telah digunakan buat obat kulit,gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah.Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman buat lalapan.

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/10/manfaat-dan-kandungan-antanan-atau.html


Nama Lokal
Pegaga(Aceh),jalukap(Banjar),daun kaki kuda,ampagaga(batak),antanan(sunda),gagan-gagan,rendeng(jawa),piduh(bali),semanggen(Indramayu,Cirebon),pagaga (Makassar),daun tungke (Bugis) buabok(Inggris),paardevoet (Belanda),gotu kola(India),ji xue cao (Hanzi)

Jenis Pegagan
Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yg tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun.Tanaman akan tumbuh subur seandainya tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan penutup tanah.Jenis pegagan yg banyak ditemui merupakan pegagan merah dan pegagan hijau.Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan,kering dan terbuka.Pegagan merah tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyai batang,tetapi mempunyai rhizoma (rimpang pendek).Sedangkan pegagan hijau sering banyak dijumpau di daerah pesawahan dan disela-sela rumput.Tempat yg disukai oleh pegagan hijau yaitu tempat agak lembap dan terbuka atau agak ternaungi.Selain itu,tanaman yg mirip pegagan atau antanan ada empat jenis yaitu antanan kembang,antanan beurit,antanan gunung dan antanan air.


Kandungan
Pegagan yg simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside,thankuniside,isothankuniside,madecassoside,brahmoside,brahmicacid, brahminoside,madasiaticacid,meso-inositol,centelloside,carotenoids,hydrocotylin,vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium,natrium,magnesium,kalsium dan besi.Diduga glikosida triterpenoida yg disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yg sangat luar biasa.Zat vellarine yg ada memberikan rasa pahit.

Sifat dan Manfaat
Pegagan berasa manis,berwujud mendinginkan,memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah,peluruh kencing (diuretika),penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika),meningkatkan syaraf memori,anti bakteri,tonik, antispasma,antiinflamasi,hipotensif,insektisida,antialergi dan stimulan.Saponin yg ada menghambat produksi jaringan bekas luka yg berlebihan (menghambat terjadinya keloid).
Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki ; mencegah varises dan salah urat ; meningkatkan daya ingat,mental,dan stamina tubuh ; serta menurunkan gejala stres dan depresi.Pegagan pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai buat menurunkan tekanan darah,penurunan tidak drastis,jadi cocok buat penderita usia lanjut.

Kandungan Kimia
Asiaticoside,thankuniside,isothankuniside,madecassoside,brahmoside,brahminoside, brahmic acid,madasiatic acid,meso-inositol,centellose,carotenoids,garam-garam mineral seperti garam kalium,natrium,magnesium,kalsium,besi,vellarine,zat samak.Senyawaan glikosida triterpenoida yg disebut asiaticoside dan senyawaan sejenis,mempunyai kasiat anti lepra (Morbus Hansen)

Pengolahan
Biasanya pegagan dikonsumsi segar buat lalapan, tetapi ada yg dikeringkan buat dijadikan teh,diambil ekstraknya buat dibuat kapsul atau diolah menjadi krem,salep,obat jerawat, maupun body lotion. Baca Juga:

Penggunaan Buat Obat
Kencing keruh (akibat infeksi/batu sistim saluran kencing) : 30 gram pegagan segar direbus dengan air cucian beras dari bilasan ke dua.
Susah kencing : 30 gram pegagan segar dilumatkan,tempel di pusar.
Demam : Segenggam daun pegagan segar ditumbuk,kemudian ditambah sedikit air dan garam, saring. Diminum pagi-pagi sebelum makan.
Darah tinggi : 20 lembar daun pegagan ditambah 3 gelas air,direbus sampai menjadi 3/4-nya. 1 hari diminum 3x3/4 gelas.
Wasir : 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya direbus dengan 2 gelas air selama ±5 menit.Minum rebusan ini selama beberapa hari.
Pembengkakan hati (liver) : 240 gram-600 gram pegagan segar direbus,minum secara rutin.
Campak : 60-120 gram pegagan direbus,minum
Bisul : 30 gram-60 gram pegagan segar direbus,diminum.Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan ditempelkan ke yg sakit.
Mata merah, bengkak : Pegagan segar dicuci bersih,dilumatkan,diperas,airnya disaring. Teteskan ke mata yg sakit 3-4 kali 1 hari.
Batuk darah, muntah darah,mimisan : 60-90 gram pegagan segar direbus,atau diperas, airnya diminum.
Batuk kering : Segenggam penuh pegagan segar dilumatkan,peras.Ditambah air dan gula batu secukupnya. Minum.
Lepra : 3/4 genggam pegagan dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air,sampai menjadi 3/4-nya.Saring,diminum setelah dingin,1 hari 3x3/4 gelas.
Penambah nafsu makan : 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas.Minum 1 hari 1 gelas.
Teh daun pegagan segar berkhasiat : Pembangkit nafsu makan,menyegarkan badan, menenangkan,menurunkan panas,batuk kering,mengeluarkan cacing di perut,mimisan.
Lalaban pegagan berkhasiat segar berkhasiat : Membersihkan darah,terutama pada bisul, tukak berdarah.Memperbanyak empedu,sehingga memperbaiki gangguan pencernaan.


Manfaat dan kandungan Antanan atau Pegagan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.