Blog kesehatan untuk anda

Sabtu, 14 November 2015

Minuman Dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan masa yang paling diharapkan pasangan suami istri (pasutri). Begitupun dengan orang tua mereka yang sudah lama mengantongi impian untuk menimang cucu.Karena itu sangatlah penting bagi ibu hamil untuk selektif dalam menentukan makanan,jumlahnya harus tepat sasaran, dan semuanya harus bergizi.

Seorang ibu hamil tidak boleh makan sembarangan, semuanya harus tepat sasaran. Memang dalam beberapa bulan ngidam tidak mampu terelakkan,keinginan untuk memenuhi tuntutan momongan dirasa menjadi hal yg wajib dilakukan.Anda boleh saja menuruti kemauan calon buah hati,tetapi tetap perhatikan pula gizi dari makanan tersebut .
Pada masa kehamilan 1-3 bulan biasanya timbul keinginan makan sesuatu atau ngidam. Seorang ibu hamil harus bisa mengendalikan nafsu tersebut karena tidak menutup kemungkinan ngidam makanan yg tidak sehat.Nutrisi dan mineral yg terdapat di dalam makanan haruslah yg diperlukan ketika hamil,seperti zat besi,folid acid,karbohidrat kompleks, protein,dan beberapa jenis vitamin.

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/11/minuman-dan-makanan-sehat-untuk-ibu.html

 
Berikut ini daftar makanan sehat yang dapat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil :
 
1. Sereal
Setiap pagi Anda bisa memulai hari dengan sarapan sereal.Di dalam sereal terdapat asam folat yg dibutuhkan pada beberapa minggu pertama fase kehamilan,selanjutnya (hingga delapan bulan ke depan) vitamin B adalah nutrisi wajib yang harus dipenuhi.

Para ahli menyarankan ibu hamil untuk mendapatkan setidaknya 400 mikrogram asam folat per harinya. Mereka juga mengatakan bahwa sereal bisa dijadikan pilihan makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi ketika sarapan.Seandainya Anda tidak suka sereal, coba ganti dengan sayur asparagus dan kacang polong.

2. Buah Pisang

Pisang merupakan sumber kalium yang bertindak sebagai penambah energi untuk ibu hamil yg mengalami kelelahan.Buah ini juga gampang dicerna oleh usus karena dagingnya yg lembut serta tidak membuat perut terasa mual ketika ditelan.

3. Daging Tanpa Lemak
Daging merupakan sumber zat besi hewani yg dua kali dibutuhkan saat menjalani masa kehamilan.Pilihlah daging tanpa lemak agar tidak menimbulkan petaka pasca melahirkan atau bisa jadi saat masih menjalani masa kehamilan,yaitu kegendutan.

4. Keju
Tidak semua keju baik untuk ibu hamil. Sangat disarankan untuk memilih keju cheddar atau mozzarella karena keduanya menyumbangkan kalsium dan protein yang cukup tinggi pada tubuh.Setiap ons nya terdapat 150 hingga 200 mg kalsium.

5. Telur
Terkadang perut merasa mual jika harus makan daging terus menerus,apalagi disaat mengandung.Oleh karena itu,ada makanan sehat untuk ibu hamil alternatif selain daging yg sama-sama memberikan kebutuhan protein harian yg cukup banyak,yaitu telur.

Tidak hanya protein, terdapat pula nutrisi lain seperti asam amino.Anda bisa memakannya dengan membuat dadar kemudian dipadukan dengan sayur brokoli dan taburan keju, untuk minumnya Anda bisa sediakan satu gelas susu rendah lemak.

6. Buah Jeruk

Sudah banyak yang mengenal khasiat jeruk berkat tingginya kandungan vitamin C,asam folat,serat,dan airnya.Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh.Seorang ibu hamil juga harus menjaga jumlah cairan di dalam tubuhnya agar tidak mengalami dehidrasi yg kemungkinan mengancam kesehatan janin.

7. Kacang-kacangan
Lemak merupakan nutisi vital bagi perkembangan otak bayi.Para ahli meminta para bumil untuk mengganti lemak jenuh seperti daging dengan lemak tak jenuh yang dapat ditemukan pada beberapa jenis kacang-kacangan,seperti kacang polong dan kacang merah.Jika Anda tidak biasa ngemil kacang,coba oleskan selai kacang pada roti gandum Anda.

8. Yoghurt
Produk susu yg sudah difermentasikan ini menjadi favorit ibu hamil yg tinggal di perkotaan. Pada yoghurt,tertanam vitamin D dan kalsium dalam jumlah sarat.Seorang ibu hamil setidaknya perlu 1000 mg kalsium per hari agar tumbuh kembang janin tetap sehat.Anda bisa konsumsi yoghurt jika bosan dengan jus,tenang saja,yoghurt termasuk minuman rendah lemak yg menyehatkan.

9. Buah Naga
Meski tidak berasal dari Indonesia,buah ini sudah tidak asing di telinga dan lidah masyarakat.Di pasar atau toko buah sudah pasti terjajahkan buah dari China yg biasa disertakan dalam ritual.

Buah naga termasuk buah untuk ibu hamil yg sehat untuk dikonsumsi. Ini karena kulitnya yg tebal sehingga jarang menggunakan pestisida.Berdasarkan hasil studi,buah naga yg sudah matang dapat dijadikan obat batuk berdahak yg kerap dialami oleh wanita hamil.

10. Buah Apel

Buah apel dianjurkan untuk wanita hamil.Alasannya,buah apel kaya akan nutrisi dan vitamin seperti serat yg dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan.Mengonsumsi buah apel setiap hari dapat membantu perkembangan janin.Buah ini juga mampu mengatasi masalah sembelit dan diare yg sering terjadi saat hamil.

11. Buah Jambu Air

Karena tingginya kandungan air,buah jambu air menjadi alternatif yg tepat bagi Anda yg sudah bosan menikmati air putih biasa.Tapi jika dibandingkan dengan air putih,banyak orang yg lebih memilih air putih karena dapat mengurangi rasa lelah saat hamil, meningkatkan mood,meredakan sakit kepala,dan lain-lain.

12.Buah Anggur

Anggur mempunyai banyak warna,sangat indah apabila dipadukan.Di dalamnya terdapat biji kecil yg tidak membahayakan bila ikut tertelan.Anggur mengandung antioksidan tinggi yg berguna bagi ibu hamil,mencegah timbulnya sel kanker,juga memberikan memberikan asupan zat besi dan energi bagi tubuh berkat tambahan senyawa berupa polifenol dan resveratol.

13. Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak nabati yg baik untuk tubuh,karena tergolong tak jenuh. Fungsi lemak yg terdapat dalam alpukat adalah membantu perkembangan fungsi memori sang bayi yg masih berbentuk janin di dalam rahim.

Alpukat juga memberikan asam folat,vitamin B kompleks, dan kalium yg berfungsi untuk membantu perkembangan tulang belakang janin hingga proses persalinan.Buah ini lebih cocok dikonsumsi pada periode pertama karena dapat mengurangi rasa mual hingga muntah.

14. Ikan Salmon
Ikan salmon adalah makanan laut yg aman dikonsumsi oleh ibu hamil.Hal ini dikarenakan kandungan lemak omega-3 di dalam salmon sangat tinggi yg bagus bagi wanita hamil. Dikatakan aman karena salmon hanya sedikit mengandung merkuri,tidak seperti makanan laut lain semacam kerang yg kandungan merkurinya sangat tinggi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh bumil.

15. Minyak Zaitun
Minyak zaitun berguna untuk kecantikan dan kesehatan.Orang-orang ada yg mengaplikasikan minyak ini secara rutin pada kulit tubuh agar tampak halus dan elastis. Ada pula yg menggunakannya untuk menggoreng karena mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E yg justru berdampak positif bagi kesehatan,termasuk ibu hamil.

Baca juga:Olah Raga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Dengan memberikan asupan berupa makanan sehat untuk ibu hamil di atas,ketika bersalin harapan bunda untuk memiliki bayi yg sehat sangatlah besar kemungkinannya.

Minuman Dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.