Blog kesehatan untuk anda

Sabtu, 05 Desember 2015

Inilah Bahaya Menyalakan Kipas Angin Saat Tidur Malam Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Bahaya Menyalakan Kipas Angin Saat Tidur Malam
Dampak dari Pemanasan global dibumi kini yg semakin hari semakin terasa.di kota-kota besar di belahan dunia orang berlomba-lomba membangun gedung-gedung kaca yg tinggi menjulang,hal tersebut menjadi salahsatu penyebab kondisi udara dipermukaan bumi semakin bertambah panas.Keadaan Situasi udara yg panas,memicu setiap orang membeli alat pendingin udara.Seperti AC dan kipas angin.Memiliki AC/Air Conditioner dan kipas angin saat ini menjadi sebuah kebutuhan.Apakah anda memiliki keua alat tersebut?Jika ia apakah anda tahu,penggunaan kedua alat tersebut dalam kondisi tertentu berefek negatif terhadap kesehatan?Meskipun alat-alat tersebut berguna untuk kita,namun dalam waktu tertentu dapat juga merugikan kita. Sahabat tips Sehat.. kali ini kami akan membahas.

http://mustahabbah.blogspot.com/2015/12/inilah-bahaya-menyalakan-kipas-angin.html


bahaya menyalakan kipas angin listrik ketika tidur malam
Berikut penjelasannya :

Menyebabkan pasokan oksigen berkurang.
Menyalakan kipas angin listrik saat tidur malam secara terus menerus dengan posisi kipas di hadapkan ke wajah akan meneybabkan pasokan oksigen menjadi lebih sedikit atau berkurang.Karena Angin yg dihembuskan kipas tidak sepenuhnya oksigen atau bahkan juga ada gas karbondioksida.Jika angin terus di hadapkan ke wajah maka kita akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen yg cukup,bahkan udara yg kita hembuskan dari hidung bisa kembali lagi kembali.

Mengakibatkan tubuh kekurangan air. 
Dr. Wendra Ali, seorang ahli syaraf mengatakan bahwa tubuh kita akan kekurangan air saat kita berada di ruangan yg dingin dalam waktu yg cukup lama.Hal tersebut sangat berbahaya bagi kondisi tubuh kita,karena sebenarnya tubuh kita membutuhkan asupan air sebanyak 70%. Pemakaian kipas angin yg terus menerus akan membuat buat air di dalam tubuh kita berkurang.Jika kekurangan air maka organ dalam tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.

Membuat kulit kering. 
Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena sengatan sinar matahari saja. KeadaanKondisi ruangan yg terlampau dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit, Saat terlalu lama menggunakan kipas angin kulit akan menjadi kering. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air.

Otot kaku dan nyeri. 
Dampak negative lainnya adalah membuat Otot menjadi kaku dan terasa sakit.Suhu yg dingin akan menurunkan produksi cairan lubrikasi yg berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita.Maka tidak heran jika kita tidur dengan kipas angin,maka saat bangun tubuh kita terasa sakit.

Infeksi saluran pernapasan. 
Kipas angin hanya untuk menggerakkan udara.Tidak ada proses penyaringan yg dilakukan. Wajib diketahui,bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri,kuman,atau bahkan virus yg terhirup oleh hidung.Bahaya kipas angin ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, seperti penyakit asma.

Menjadi kebiasaan buruk
Otak kita mengendalikan syaraf-syaraf perasa yg mempengaruhi kenyamanan.Jika kita terus menerus menggunakan kipas saat tidur,berikut kita akan terbiasa,artinya kita tidak akan bisa tidur tanpa menggunakan kipas angin.Dampak buruknya adalah,kita tidak akan memiliki kualitas tidur yg baik,karena setiap bangun akan tubuh menjadi sakit dan terasa lelah.

Daya tahan tubuh menurun dan mudah sakit. 
Kondisi tubuh yg gampang sakit adalah efek dari metabolisme tubuh yg tidak berjalan dengan baik.Dampak ini di rasakan, jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yg membuat sel-sel imun lebih aktif.Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel-isel imun, akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit.Apalagi jika saat kita tidur kita mengirup udara yang mengandung virus penyakit,tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.

Suhu tubuh menurun. 
Keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan untuk menjaga aktivitas sel imun. Salah satu upaya pengatur suhu tubuh adalah dengan mengeluarkan keringat. Normalnya tubuh saat tidur akan mengeluarkan keringat, namun jika menggunakan kipas angin saat tidur akan membuat kulit mengering dan mengecilkan pori-pori. Dampaknya keringat di dalam tubuh akan sangat sulit dikeluarkan.

Menyebabkan Penyakit Bell Palsy. 
Penyakit kelumpuhan,namun bukan kelumpuhan tubuh melainkan kelumpuhan yang terjadi pada area wajah.Wajah akan terasa sulit untuk tersenyum,tertawa dan ada pembengkakan di bagian tertentu pada wajah.Penyakit ini disebabkan oleh kondisi syaraf wajah yang menegang,dikarenakan terkena suhu dingin dari kipas angin yang terus-menerus.
 
Menyebabkan Resiko kematian.
Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari bahaya kipas angin adalah kematian. jika kita tidur dengan kipas angin dan berada di ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yg buruk, maka pasokan oksigen akan sangat terbatas.Tidak adanya oksigen yang dihirup akan membuat kita akan menghirup karbondioksida.Jika karbondioksida banyak terhirup oleh kita, berikut tubuh akan mengalami keracunan.Dunia mencatat dalam waktu 2 tahun ada sedikitnya 20 kasus kematian akibat menggunakan kipas angin listrik terlalu lama.

Inilah Bahaya Menyalakan Kipas Angin Saat Tidur Malam Yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

1 comments:

  1. Waduh saya baru tahu gan setelah baca artikelnya, makasih banyak sudah berbagi ilmunya, sangat bermanfaat sekali bagi semua ornag termasuk saya..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.