Blog kesehatan untuk anda

Jumat, 01 Januari 2016

Stop Minum Saat Makan,Aktivitas Ini Timbulkan Gangguan Pencernaan,Inilah Penjelasannya

Stop Minum Saat Makan,Aktivitas Ini Timbulkan Gangguan Pencernaan
Minum merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh makhluk hidup. Namun ada saat terlarang untuk minum karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah minum disaat menyantap makanan.Biasanya ditengah jamuan makan,kita akan selingin dengan minum air putih.Padahal aktivitas ini bisa menyebabkan gangguan penceraan dan organ tubuh lainnya.

Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan gangguan penceranaa. Profesor Hiromi Shinya MD,pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS mengatakan bahwa minum air sesaat sebelum makan, ketika makan dan sesaat setelah makan akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit.

Menurutnya,air membutuhkan waktu 30 menit untuk dapat mengalir dari lambung menuju usus.Sehingga jika minum pada tiga waktu tersebut,maka akan membuat kerja lambung menjadi lebih besar. Bagaimana tidak,air yang belum sempat menuju usus sudah harus penuh lagi dengan makanan.

Minum selama makan membuat enzim pencernaan dan asam lambung lebih sulit untuk melemahkan enzim yang dilepaskan untuk mencerna makanan,sehingga menyulitkan mereka dalam menghancurkan makanan.Penelitian menunjukkan,minum sedikit air saat makan tidak menjadi persoalan,tapi minum segelas atau dua gelas bisa mengganggu pencernaan.


Lihat Juga:Keutamaan Makan Dengan Tangan Kanan

Penyerapan ini berlanjut sampai cairan pencernaan cukup terkonsentrasi untuk mulai mencerna makanan Anda.Namun,karena itu dicampur dengan air,zat yang terkonsentrasi sekarang lebih banyak daripada isi makanan yang masuk di perut Anda.Jadi cairan lambung yang kurang akan disekresikan untuk mencerna makanan Anda.Hasilnya, makanan yang belum tercerna lolos ke dalam sistem Anda karena diserap melalui dinding perut.Hal ini juga akan menyebabkan refluks asam dan membakar hati.


http://mustahabbah.blogspot.com/2016/01/stop-minum-saat-makanaktivitas-ini.html

Minum air saat makan juga dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin.Lebih banyak insulin dilepaskan ke aliran darah Anda,maka akan semakin tinggi kemungkinan Anda menyimpan lemak dalam tubuh Anda.

Profesor Hiromi Shinya menyarankan agar minum air putih dilakukan 1 jam sebelum waktu makan.Ia mengibaratkan seperti tanaman,ada periode yang baik untuk minum karena pengairan yang berlebihan pada tanaman akan membuat tanaman menjadi busuk dan layu. Sehingga ada periode waktu yang sesuai untuk tubuh minum air.

Ia menyarankan untuk minum pada waktu ideal yakni 1 sampai 3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari, 2-3 gelas 1 jam sebelum makan siang dan 2-3 gelas,1 jam sebelum makan malam.Menurutnya yang harus diperhatikan adalah minum air setelah bangun tidur karena cairan yg hilang harus cepat diganti saat bangun tidur.

Diakuinya,kebutuhan minum tiap orang berbeda tapi biasakan untuk minum air 6-8 gelas per hari (1, 5-2 liter) untuk orang dewasa.Jika cuaca sangat panas misalnya maka orang akan membutuhkan minum yang lebih banyak.Sebaliknya orang yang mengalami sistem pencernaan lemah dapat mengalami diare jika minum terlalu banyak.

Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.Hanya saja tetap perhatikan bebrapa waktu untuk minum yang ideal,di luar kebutuhan minum lainnya.

Jika kebutuhan air terpenuhi dengan baik maka Anda akan jarang terkena sakit. Saat kebutuhan air terpenuhi,air akan melembabkan bebrapa area dalam tubuh yang mudah diserang oleh bakteri dan virus seperti daerah bronkus (pipa saluran pernapasan),mukosa lambung dan usus.Dengan begitu sistem kekebalan tubuh menjadi aktif sehingga bebrapa area tersebut menjadi sulit diserang virus atau bakteri.

Sebaliknya jika air yang dikonsumsi kurang,membran mukus pada bronkus akan mengalami dehidrasi dan mengering,dimana dahak dan lendir diproduksi dalam bronkus.Jika tidak ada air yang cukup maka dahak dan lendir akan menempel pada bronkus yang kemudian menjadi tempat berkembangbiaknya virus dan bakteri.

Air penting bagi tubuh.Jika tidak ada air orang tidak hanya kekurangan gizi,tapi kotoran dan racun juga akan terkumpul di dalam sel dan tidak dapat dikeluarkan.Efek buruknya,racun yang terakumulasi itu akan merusak sel-sel gen yang salah satunya bisa menyebabkan berubahnya gen menjadi sel kanker.


Baca juga:Cara Alami Dan Mudah Merontokkan Karang Gigi

Nah sudah tahukan bagaimana bahayanya jika minum Tidak pada waktunya.Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda terimakasih sudah membaca.

Stop Minum Saat Makan,Aktivitas Ini Timbulkan Gangguan Pencernaan,Inilah Penjelasannya Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.