Blog kesehatan untuk anda

Selasa, 04 April 2017

Tips Cara Mengatasi sulit tidur malam selama kehamilan

Perubahan hormon besar-besaran bisa menyebabkan pada beberapa wanita yg sedang hamil menjadi sulit tidur dimalam hari atau insomnia kehamilan.Ciri-ciri umum insomnia adalah seringkali terbangun terlalu dini, misalnya bangun pada jam 03 : 00 dan tidak bisa tidur lagi.Sebenarnya tubuh Anda merasa lelah,tapi mata tidak bisa dipejamkan – ini bisa merupakan tanda insomnia.Anda banyak hal yang harus dilakukan pada pagi hari utk mempersiapkan kehadiran sang anak Anda,tapi Anda seringkali tidak bisa tidur dimalam hari. Siapapun pasti selalu mencoba untuk melakukan apa saja agar bayinya sehat,dan stres yg konstan akan membuat Anda lebih sulit tidur dan tidak membantu pertumbuhan janin Anda.Kekhawatiran yg berlebihan bahkan bisa semakin membuat Anda sulit utk bisa tertidur.

Tips Cara Mengatasi sulit tidur malam selama kehamilan

Jangan lakukan ini ketika merasakan sulit tidur :
Antara tekanan kehidupan normal yang ditambah dengan fikiran harus mempersiapkan kelahiran beberapa bulan kedepan bisa membuat kesulitan tidur.Karena merasakan kelelahan,beberapa orang bisa mengambil keputusan yg salah. Jika Anda seringkali merasakan gejala sulit tidur,apapun alasannya jangan melakukan hal berikut demi kesehatan bayi Anda :

Obat-obatan tertentu tidak akan bisa mengatasi insomnia Anda.Batasi penggunaan obat tidur,karena membawa risiko yg bisa membahayakan janin.
Jangan berolahraga atau makan tepat sebelum tidur. Berolahraga sebelum tidur akan memberikan energi yg besar bagi Anda,dan bisa membuat tidak bisa tidur selama beberapa jam.Makan sebelum tidur juga perlu dihindari,karena akan membuat tubuh Anda terjaga utk mencerna makanan.,Rasa mulas karena makanan tertentu sebelum tidur juga dapat membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam.
Hentikan kebiasaan membawa pekerjaan ketempat tidur.Anda mungkin tidak sadar jika alam bawah sadar Anda mengasosiasikan tempat tidur dengan tetap terjaga.Jadi jika biasanya Anda menghitung tagihan,mempersiapkan pekerjaan, atau bekerja di tempat tidur,hentikan saat ini juga.Kamar tempat tidur adalah tempat santai yg hanya digunakan utk tidur.
Jangan berbaring berlama-lama ditempat tidur jika belum ngantuk.Terjaga selama berjam-jam di tempat tidur hanya akan memperburuk insomnia.Berikan diri Anda waktu hanya 30 menit sebelum tertidur. Dan jika Anda masih tetap terjaga setelah waktu ini sudah habis, sebaiknya Anda bangun dan membaca atau menonton TV sampai Anda benar-benar lelah dan sangat mengantuk.
Jangan terlalu banyak khawatir.Ini adalah poin paling penting dari semuanya,tetapi juga yg paling sulit utk dilakukan.Jika ada masalah yg mengganggu Anda,segera selesaikan agar tidak memenuhi isi kepala Anda,sehingga Anda tidak perlu membuang energi utk memikirkannya di malam hari.Kita hanyalah manusia biasa yg tak pernah bisa sempurna.

Penyebab Umum insomnia saat hamil :

Anda mungkin perlu utk mengetahui beberapa kemungkinan penyebab insomnia selama kehamilan seperti berikut :

Pada trimester pertama hormon progesteron membanjiri tubuh Anda,dan membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu.Akan tetapi hal ini belum tentu membuat Anda mengantuk.Pertama kali Anda mungkin tidur pada siang hari,yg kemudian berkembang menjadi kebiasaan,sehingga Anda tidak bisa tidur di malam hari.
Janin yg semakin tumbuh besar dalam kandungan akan menekan kandung kemih Anda,sehingga membuat posisi tidur menjadi tidak nyaman – dan bisa membuat sulit utk bernapas.

Tips Cara alami yg aman utk mengatasi insomnia saat Hamil
Insomnia sangat umum terjadi selama kehamilan. Hal ini karena perubahan hormon besar-besaran dalam tubuh bisa mengganggu siklus tidur,lebih mudah stres,dan menyebabkan seluruhnya ketidaknyamanan normal akibat kehamilan. Mengetahui akar penyebab kesulitan tidur adalah hal penting yg paling bisa menyembuhkan insomnia pada masa kehamilan Anda.Apakah Anda tidak bisa tidur karena Anda merasa tidak nyaman?,tidak merasa bahagia?,Tidak merasa lelah?. obat utk setiap masalah, tetapi Anda juga perlu utk melakukan pencarian masalah dalam diri Anda.
Berikut beberapa tips umum utk membantu ibu hamil supaya bisa cepat tertidur :

Gunakan bantal untuk tubuh.Bantal akan membantu menyangga tubuh dan memberikan dukungan buat posisi tidur Anda agar nyaman.Namun yg perlu diingat adalah bahwa Anda harus tidur miring saat melewati trimester pertama kehamilan,karena posisi ini adalah yg paling aman utk bayi Anda.

Pergi ke tempat tidur saat Anda merasa lelah.Mungkin Anda merasa jam masih terlalu awal utk tidur, tetapi tubuh Anda tahu apa yg ia dibutuhkan.Jika Anda menundanya terlalu lama, maka perasaan penat ini akan berlalu,dan kemudian Anda tidak akan bisa tertidur selama berjam-jam.

Berhenti minum setelah jam 5 sore.utk mendapatkan saran berapa jumlah asupan cairan tubuh Anda sehari sebelum saat sore hari,sehingga Anda bukan terus-menerus terbangun di malam hari hanya utk pergi ke kamar mandi.

Atur suhu lebih dingin. Anda mungkin tidak bisa tidur atau sering terbangun karena tubuh Anda merasa memanas pada malam hari.Hidupkan AC dengan pengaturan suhu sedikit lebih dingin dari biasanya sebelum Anda tertidur,sehingga Anda tidak bangun lagi setengah jam kemudian karena merasa panas.

Lakukan hal yg santai sebelum tidur.Buatlah hal di malam hari yg bisa membuat Anda merasa santai dan mengantuk,seperti minum teh panas atau membaca buku-buku yg bagus.Pola seperti ini akan membantu tubuh Anda terbiasa tertidur ketika diperintahkan,dan perasaan santai akan membuang kekhawatiran dari pikiran Anda.

Utk menjaga agar bayi Anda aman,maka Anda perlu belajar bagaimana caranya agar bisa tidur nyenyak tanpa harus menggunakan obat-obatan dan suplemen.

Tips Cara Mengatasi sulit tidur malam selama kehamilan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER