Blog kesehatan untuk anda

9 Bahaya Makan Belalang bagi Manusia

Bahaya Makan Belalang untuk Manusia - Bahaya makan belalang adalah efek buruk bersifat keluhan kesehatan yang muncul akibat badan menolak menerima senyawa yang ada pada belalang. Belalang adalah type serangga yang biasanya pemakan tumbuhan (herbivora) yang mempunyai nutrisi tinggi untuk kesehatan tubuh manusia, Tetapi sebenarnya terdapat banyak type belalang yang makan hewan lain (karnivora).

http://mustahabbah.blogspot.com/2017/05/9-bahaya-makan-belalang-bagi-manusia.html

Kandungan Nutrisi pada Belalang

Vitamin A sebesar 25 hingga 30 persen yang cukup untuk penuhi keperluan vitamin A dalam sehari untuyk melindungi jaringan kulit serta mata.
Vitamin B komplek terbagi dalam B1 (Thiamin) , B2 (Riboflavin), B3 (Niacin) serta B6 (Piridoksin) yang bertindak besar untuk stabilitas metabolisme sel sel badan.
Vitamin E serta C dan asam folat yang melakukan tindakan sebagai anti-oksidan kaut dalam melawan perkembangan sel kanker serta penambahan daya tahn badan
Protein hewani yang 20 sampai 40 persen lebih tinggi dari protein yang ada pada udang windu, Daging sapi serta ayam di mana didalamnya ada asam amino essensial yang paling bermanfaat untuk mempercepat sekalian membuat perlindungan perkembangan sel sel badan serta baik untuk penambahan stamina.
Kulitnya memiliki kandungan senyawa kitosan sama dengan kulit yang ada pada udang hingga memegang rasa gurih, Berprotein tinggi serta renyah saat digoreng.
Memiliki kandungan mineral utama yakni zat besi, Sodium, Mangan, Fosfor, Magnesium, Tembaga, kalsium, Zat besi, Zinc, Potassium yang baik untuk kelancaran metabolisme badan, Kepadatan tulang serta mengontol stabilitas kandungan air di dalam badan.
(baca juga : buah yang memiliki kandungan vitamin C, makanan yang memiliki kandungan vitamin C)

Beberapa jenis Belalang

1. Belalang kayu (Hedge Grasshopper)

Belalang kayu adalah belalang yang berwarna kecokelatan mirip batang pohon yang suka pada tumbuhan atau dedaunan (Herbivora) sebagai makanan intinya. Umpamanya type pohon jati, Jagung, Tanaman keluarga ketela serta lain lain. Belalang kayu adalah belalang yang paling di cari serta kerap disantap manusia untuk lauk nasi.

2. Belalang sembah

Belalang sembah atau umum dimaksud Congcorang adalah belalang berwarna kehijauan serta hanya satu type belalang yang bisa memutar kepalanya. Belalang ini dimaksud belalang sembah karna memegang kaki yang panjang dengan bentuk lipatan kaki seperti tengah menyembah atau berdoa. Belalang sembah masuk kelompok sebagai hewan omnivora karna makan apa sajakah termasuk juga dedaunan, Batang pohon serta mengonsumsi hewan lain seperti kupu kupu, Jangkrik, Rayap atau seranggga dari macamnya sendiri.

3. Belalang Hijau (Atractomorpha crenulata)

Belalang hijau adalah belalang yang memegang warna asli paling hijau (hijau tua) yang populer sebagai hama perusak tanaman type padi padian serta palawija. Kekhasan dari serangga hijau ini yaitu bisa mengubah warna badannya jadi cokelat saat temperatur hawa dalam keadaan bertambah atau panas.

4. Belalang daun (Phyllium bioculatum)

Belalang daun adalah belalang yang bisa berkamuflase dengan prima pada hijau daun yang tengah dihinggapinya. Bila warna daun hijau kekuning kuningan berikut badannya bakal beralih jadi warna yang sama, Atau saat daun berwarna keputihan berikut badannyapun bakal mirip warna yang sama. Keadaan itu karena belalang daun memegang susunan pembuluh darah yang mirip urat urat daun.

5. Belalang batu

Belalang batu memegang susunan badan keseluruhannya mirip bebatuan yakni coklat keabu abuan dengan bercak bercak hitam, Putih atau kekuningan. Belalang batu di kenal sebagai type serangga yang gampang menyesuaikan dengan manusia karna dianya bukan segera loncat atau pergi saat manusia coba mendekati. Belalang ini yaitu type belalang yang paling jinak dibanding belalang lain.
Type Belalang Paling baik untuk Dikonsumsi Manusia

Pada intinya semuanya type belalang bisa dikonsumsi oleh manusia karna memegang nutrisi tinggi untuk meningkatakan kesehatan badan serta berita terbaiknya yaitu belalang yaitu hewan halal menurut islam yang diijinkan untuk dikonsumsi. (tersirat dalam Dr. Yusuf Qaradhawi, Mengenai halal & haram pada halaman 53, Sulaiman rasjid, Figh islami pada halaman yang ke 470 dan Kifayatul akhyan jilid 2 pada halaman yang ke 487).

Belalang yang baik untuk dikonsumsi yaitu type belalang kayu yang dapat dibuktikan cuma mengonsumsi dedaunan serta bukanlah pemakan hewan type lain. Belalang yang mengonsumsi hewan lain dapat dibuktikan rawan diserang cacing parasit yang umum menempel pada sisa makanan manusia yang sudah terakumulasi dengan hawa atau menyantap badan hewan lain yang sudah terrinfeksi cacing parasit yakni pada rayap, Jangkrik atau kupu kupu.

Bahaya Makan Belalang

Beresiko jelek atau tidaknya belalang pada badan manusia tergantung pada kekebalan badan tiap-tiap individu serta tips pengolan belalang tersebut. Sebagian tips pemrosesan serta keadaan yang kurang pas penyebab timbulnya bahaya makan belalang.

1. Infeksi cacing parasit

Bahaya makan belalang bisa nampak karna tehnik pencucian yang kurang optimal. Terlebih dulu bersihkan belalang dengan air mengalir supaya belalang yang mungkin saja sudah ditunggangi cacing parasit bisa bersih dengan cara prima. Saat memasak belalang untuk jadikan menu masakan yang lezat yang butuh di perhatikan yaitu mesti benar benar dalam keadaan masak.

Tahukah anda bila belalang rawan tersentuh cacing parasit serta menginfeksi badannya sampai bisa masuk dalam badan manusia bila belalang bukan di proses hingga benar benar masak. Saat belalang dalam keadaan benar benar masak berikut cacing parasit bisa mati serta bukan menyebabakan sakit pencernaan seperti mual, Sakit perut serta buang buang air besar.

2. Alergi kulit

Satu diantara bahaya makan belalang yaitu pemakaian minyak goreng yang jelek. Belalang goreng yaitu makanan nikmat yang banyak disenangi orang tetapi pemrosesan dengan memakai minyak sisa (jelantah) berikut pada beberapa orang bisa alami alergi kulit berbentuk gatal gatal, Bentol bentol yang semakin lama semakin menebar luas, Ruam kemerahan serta pembengkakan permukaan kulit. Keadaan itu nampak karna jaringan darah bukan dapat terima zat atau senyawa yang ada pada belalang atau dapat juga dikarenakan seorang tengah alami penurunan ketahanan badan.
Penyembuhan alergi karna makan belalang bisa sembuh dengan minum kopi pahit (tanpa ada gula) karna kopi pahit memegang kandungan senyawa karbon aktif yang dapat menetralkan resikonya alergi yang telah nampak.

3. Keracunan

Tahukah anda kalau timbulnya bahaya makan belalang bisa karena sebab belalang telah dalam keadaan mati. Beli belalang baiknya masih tetap dalam kondidsi hidup karna bila telah mati di kuatirkan badannya memiliki kandungan partikel toksin karna sudah berakumulasi dengan gerakan polutan hawa yang memiliki kandungan radikal bebas atau karna sudah jadi bangkai (Belalang basi), Di mana belalng itu bisa menyebabkan tanda-tanda keracunan makanan umpamanya mual, Muntah, Pusing serta ulu hati bukan nyaman. Belalang yang fresh dengan warna yang cerah yaitu sinyal tanda kalau belalang dalam keadaaan sehat serta dapat di proses selekasnya untuk lalu disantap berbarengan lauk pauk lain.

4. Tubuh kurus

Pada belalang yang kering akibat sudah mati (bangkai) serta terkena cahaya matahari kurun waktu yang lama walau tetaplah dihalalkan oleh islam nyatanya belalang itu sudah alami cara penurunan gizi hingga bukan baik lagi untuk dikonsumsi terus-terusan serta di kuatirkan bakal menyebabkan timbulnya bahaya makan belalang Untuk seorang yang susah menambah bobot badannya karna terkait metabolisme badan yang lambat namun terus-terusan menyantap belalang kering bisa mengakibatkan tubuh jadi makin kurus. 

9 Bahaya Makan Belalang bagi Manusia Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri