Blog kesehatan untuk anda

Jumat, 28 Juli 2017

Dampak Buruk Mengosumsi Bayam Berlebihan

Dampak Buruk Mengosumsi Bayam Berlebihan - Makan Bayam bisa menghadirkan efek samping buruk jika terlalu sering dan berlebihan, atau ketika salah dalam mengonsumsinya. Penderita penyakit tertentu seperti asam urat dan batu ginjal juga disarankan membatasi makan bayam karena bisa semakin memperparah kondisinya. Ada apa dengan bayam yang sebenarnya sangat tinggi nutrisi penting, antioksidan, vitamin, dan mineral ini? .. Bayam memang sehat apabila kita tahu mengenai pantangan dan cara mengolahnya, Nah untuk itu, dalam artikel ini Anda Kami ajak untuk mengenal sayur bayam lebih dekat lagi agar tidak kehilangan potensi / manfaat nutrisi dari sayuran hijau ini!

Efek samping makan bayam dan cara terbaik dalam mengonsumsinya

https://mustahabbah.blogspot.com/2017/07/dampak-buruk-mengosumsi-bayam-berlebihan.html

Memicu pembentukan batu ginjal

Bayam adalah jenis sayuran hijau, yang termasuk mengandung banyak purin. Purin adalah jenis senyawa organik, yang ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menjadi asam urat. Kelebihan asam urat sangat buruk bagi kesehatan ginjal kita karena dapat meningkatkan pengendapan kalsium didalam ginjal kita, yang lama-kelamaan akan membentuk batu ginjal. Kandungan asam oksalat dalam bayam juga ikut andil dalam pembentukan batu ginjal ini ketika bergabung dengan mineral dari makanan lain.

Gout athritis
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bayam tinggi purin, yang ketika dimetabolisme oleh tubuh akan meningkatkan kadar asam urat. Jadi apabila Anda sudah memiliki penyakit gout arthritis, maka Anda harus menghentikan makan bayam berlebihan. Atau jika tidak hal ini lama-kelamaan akan berkembang menjadi sakit sendi, peradangan dan pembengkakan akibat penumpukan kristal asam urat.

Keracunan
Dun bayam juga bisa menyebabkan reaksi keracunan. Hal ini apabila bayam yang dikonsumsi kurang masak atau mentah yang telah terkontaminasi bakteri E. coli dari pupuk organik, pestisida, atau pengairan.

Kurang darah atau anemia
Bayam tinggi akan kandungan zat besi, mana mungkin menyebabkan kurang darah?…. Namun ketika dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering, bayam kadang-kadang justru bisa membuat tubuh kesulitan untuk menyerap jumlah zat besi yang diperlukan dari makanan. Bayam sebagai makanan nabati maka mengandung jenis zat besi non-heme atau zat besi nabati, yang bersifat sulit diserap oleh usus. Hal inilah yang justru dapat menyebabkan kekurangan zat besi.

Kekurangan mineral
Bayam tinggi mineral, bagaimana bisa justru membuat tubuh kurang mineral?.. Makan bayam berlebihan dapat mengganggu kapasitas penyerapan mineral oleh tubuh kita. Bayam mengandung tinggi asam oksalat, yang dikenal berkemampuan mengikat beberapa senyawa mineral penting seperti kalsium, magnesium, zinc, dll . Oleh sebab inilah kenapa tubuh kita bisa tidak mendapatkan asupan mineral cukup. Kekurangan mineral bisa berimplikasi luas karena menghambat fungsi normal sistem tubuh, yang menyebabkan berbagai penyakit terkait kekurangan mineral.

Gangguan perut termasuk diare
Bayam merupakan sumber tertinggi serat makanan. Hanya secangkir bayam masak bisa memberikan hampir 6 g serat. Meskipun serat baik untuk pencernaan, namun usus kita membutuhkan waktu untuk terbiasa. Oleh sebab itu terlalu banyak makan bayam dapat menyebabkan sejumlah gangguan perut, termasuk gas, kembung, atau bahkan sembelit. Untuk itu perlu dilakukan pembiasaan secara bertahap dalam mengonsumsi bayam. Anda mungkin juga dapat mengalami diare gara-gara bayam ketika makan dalam jumlah berlebihan .

Sianosis, atau kehilangan kemampuan hemoglobin mengikat oksigen
Ini adalah penyakit yang berbahaya yang bisa diakibatkan ketika salah mengonsumsi bayam dalam jangka bayam. Bayam adalah sayuran yang mengandung paling tinggi zat besi. Karena itu, ketika habis dimasak maka sayuran bayam masak akan teroksidasi oleh oksigen. Ketika sudah teroksidasi atau bereaksi dengan udara, maka zat besi dalam bayam tersebut berubah menjadi logam berat beracun yang disebut dengan Ferro. Sayur ayam juga mengandung senyawa kimia nitrat atau NO3, yang apabila teroksidasi juga akan berubah menjadi nitrit atau NO2 yang juga bersifat racun.

Untuk menghindari penyakit akibat keracunan logam berat dalam jangka panjang oleh bayam, maka sebaiknya konsumsi bayam hanya sekali dihidangkan. Bayam akan mulai teroksidasi setelah selesai dimasak, dan hal ini akan terus berlanjut terus dan akhirnya berubah kehitaman. Untuk menghindari semakin teroksidasinya bayam dan semakin banyaknya zat besi yang berubah menjadi logam berat yang bersifat oksidan(racun dalam tubuh), sebaiknya menyimpan bayam masak tak lebih dari 4 jam .

Demikian tentang bayam serta efek samping buruknya terhadap kesehatan. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa makanan yang sehatpun bisa menjadi tak sehat apabila tidak benar dalam mengonsumsinya.

Dampak Buruk Mengosumsi Bayam Berlebihan Rating: 4.5 Posted by: MY BLOGGER